Cara Mengatasi Layar Sentuh (Touchscreen) Bergerak Sendiri

Diposting pada


Masalah layar sentuh (Touchscreen) yang bergerak sendiri biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Ada yang error karena terkena air dan bisa juga disebabkan ghost touch saat dicharge/cas. Error pada layar seperti ini bisa dibilang hampir terjadi pada semua jenis merk smartphone baik itu iPhone, Samsung, Lenovo, Asus dan merk lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips dan tutorial yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah layar sentuh (Touchscreen) yang bergerak sendiri atau error.

1. Lakukan Reboot/Restart
Pada tips yang pertama ini cukup sederhana, kalian bisa mencoba untuk merestart perangkat yang mengalami error. hal Ini bertujuan untuk merefresh perangkat setelah digunakan dalam waktu yang lama.
Kemungkinan ghost touch disebabkan karena smartphone kamu bekerja diluar batasnya sehingga mengalami overheat.

2. Charger yang Rusak atau Tidak Cocok
Jika saat HP di cas dan touchscreen mengalami error kamu bisa mencoba untuk mengganti chargernya dengan yang asli.
Penggunaan charger KW bisa menyebabkan berbagai masalah dan bahkan kerusakan pada perangkat.

3. LCD yang Bermasalah
LCD yang Bermasalah karena pernah jatuh. Selain jatuh mungkin terkena air ataupun ada debu yang menempel di bagian layar.
hal tersebut juga bisa menyebabkan layar sentuh tidak dapat merespon dengan baik dan melompat-lompat.
Jika belum parah mungkin kalian masih bisa memperbaikinya, namun jika sudah tidak dimungkinkan maka harus mengganti layar LCD nya dengan yang baru.

4. Anti Gores atau Screen Guard yang Kotor
Penggunaan anti gores pada layar smartphone dimaksudkan untuk melindunginya dari debu atau air. Selain itu anti gores juga dapat meminimalisir kerusakan seperti goresan dan benturan dengan benda keras.

Namun karena digunakan dalam waktu yang lama debu dan kotoran banyak menempel. hal itu akan menyebabkan performa dari layar sentuh menjadi tidak maksimal. Silahkan ganti anti gores dengan yang baru.

5. Baterai yang Rusak atau Kehabisan Daya
jika daya baterai tersebut masih banyak dan layar sentuh masih bergerak sendiri, maka ada kemungkinan komponen baterai sudah waktunya untuk diganti. Umur baterai yang sudah mencapai batasnya juga akan mempengaruhi performa dari sebuah smartphone.

6. Perangkat dan Layar Mengalami Overheat
Penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan overheat. Jika suhu dari perangkat tersebut mencapai batas wajar tentu akan mengakibatkan banyak masalah.

Layar atau LCD juga akan terkena dampak dari suhu panas ini dan akhirnya terjadilah ghost touch. Usahakan untuk menggunakan perangkat sebagaimana mestinya, jangan memaksakan mereka untuk bekerja diluar batas kemampuan yang akhirnya menyebabkan overheat.

7. Bug atau Error pada ROM yang Dipakai
ROM pada smartphone pun biasanya mengalami pembaharuan. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki fitur dan menghilangkan bug yang ada pada versi sebelumnya. Namun tidak semua proses pembaharuan ROM ke versi terbaru bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

terkadang antara hardware dan ROM tersebut tidak sinkron dan akhirnya mengakibatkan error. Selain itu sebaik apapun sebuah ROM dibuild, pasti ada bug di dalamnya. Jika memang mengalami masalah setelah berganti ROM maka kemungkinan memang tidak cocok untuk perangkat smartphonemu.

8. Kinerja yang Berlebihan
Gunakan smartphonemu sesuai dengan spesifikasi dan kemampuannya, jangan paksakan low spec untuk mengoperasikan banyak multitasking secara bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *